Proses pembentukan energi dalam tubuh dari lemak

Tidak semua lemak jahat, tergantung dengan jenis dan jumlah yang dimakan. Tahap 3: Bahkan masih lebih besar kebutuhan akan lemak dibandingkan dengan protein yang hanya 10 hingga 20 persen dari total kalori.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Karena didalamnya menyangkut organ-organ yang dijadikan tempat mesin untuk membantu menguraikan senyawa-senyawa kompleks karbohidrat, lemak, dan protein seperti lambung, usus halus, hati, dan pancreas.

Karbohidrat atau Hidrat Arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya sebagai penghasil enersi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori.

Lipoprotein bertugas mengangkut lemak dari tempat pembentukannya menuju tempat penggunaannya. Sintesis asam lemak ini bukan berarti kebalikan dari jalur penguraian asam lemak, tetapi pembentukan asam lemak sebagian besar berlangsung melalui jalur metabolik lain, meskipun ada bagian kecil asam lemak yang dihasilkan melalui kebalikan reaksi penguraian asam lemak dalam mitokondria.

Tubuh memerlukan makanan untuk mengoperasikan organ tubuh, menjaga agar temperatur tubuh tetap konstan dengan menggunakan kalor yang dihasilkan dari fungsi organ, untuk melakukan kerja, serta membangun suplai energi untuk kebutuhan.

Molekul gliserol memiliki tiga gugus Hidroksil -OH dan tiap gugus hidroksil berinteraksi dengan gugus karboksil asam lemak. VLDL membawa lemak dari hati dan mengirim trigliserid ke sel-sel tubuh.

Enzim ini menghidrolisis pati salah satu polisakarida menjadi maltosa dan gugus glukosa kecil yang terdiri dari tiga sampai sembilan molekul glukosa. LDL ini bertugas menghantarkan kolesterol ke dalam tubuh.

Perbedaan utama glikolisis dan glukoneogenesis: Proses metabolisme karbohidrat yaitu sebagai berikut: Kemudian trigliserid dalam kilomikron tadi mengalami penguraian oleh enzim lipoprotein lipase, sehingga terbentuk asam lemak bebas dan kilomikron remnan.

Sebagian lagi dari kolesterol dikeluarkan melalui saluran empedu tanpa dimetabolisme menjadi asam empedu kemudian organ hati akan mendistribusikan kolesterol ke jaringan tubuh lainnya melalui jalur endogen.

Metabolisme Lemak dalam Tubuh

Glukosa yang disimpan tersebut akan dipakai ketika tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh dan tubuh mengalami kekurangan energi. Fungsi utamanya sebagai sumber enersi 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori bagi kebutuhan sel-sel jaringan tubuh.

Pada saat masuk ke rantai transpor elektron, molekul tersebut mengalami rangkaian reaksi oksidasi-reduksi Redoks yang terjadi secara berantai dengan melibatkan beberapa zat perantara untuk menghasilkan ATP dan H2O.

Asetoasetil koenzim A bereaksi dengan asetil koenzim A dan air, menghasilkan 3-hidroksimetilgluratil koenzim A. Saat kekurangan makanan, konsentrasi glukosa dalam tubuh berkurang sehingga sebagian dari asam oksaloasetat diubah menjadi glukosa.

Selain itu jika terdapat kelebihan konsumsi protein dan karbohidrat, maka kedua zat ini akan dikonversi menjadi lemak. Sel lemak yang terlalu banyak menumpuk di sekitar organ-organ tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menghambat peredaran darah yang kemudian menyebabkan berbagai penyakit degeneratif.Proses metabolisme dalam tubuh secara umum dapat dimulai dari tubuh merubah kalori menjadi energi untuk memenuhi kebutuhan setiap sel (Nutrion Sel/NS).

Lemak sebagai sumber utama dalam proses pembentukan energi sehingga protein dalam tubuh bisa lebih hemat. Dapat berfungsi dalam proses penyusunan membrane sel dalam tubuh.

Bermanfaat sebagai bahan dalam penyusunan vitamin dan hormon.

Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi.

Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, pelindung organ tubuh, pembentukan sel, sumber asam lemak esensial, alat angkut vitamin larut lemak, menghemat protein, memberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai 5/5.

Jika sel-sel tubuh sudah mendapatkan gula dari aliran darah untuk membuatnya menjadi energi, maka hormon insulin akan mengubah sisa gula yang ada di dalam darah tersebut menjadi glikogen atau gula dalam otot dan asam lemak.

Asam lemak ini akan berkumpul dengan asam lemak yang dihasilkan dari metabolisme lemak sebelumnya. Oleh karena itu, makan makanan karbohidrat yang berlebihan juga. Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi.

Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, pelindung organ tubuh, pembentukan sel, sumber asam lemak esensial, alat angkut vitamin larut lemak, menghemat protein, memberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai.

ยท Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (Hutahalung, ).

Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh
Proses pembentukan energi dalam tubuh dari lemak
Rated 3/5 based on 39 review